Rabu, 21 Agustus 2013

INI LEBARANKU, MANA LEBARANMU??

Taqobbalallahu minna wa minku, shiyyamana wa shiyyamakum. Mohon maaf lahir dan batin ya ^_^
Ya, tepat tanggal 8 Agustus 2013 umat Islam di seluruh Indonesia secara serentak memperingati Hari Raya Idul Fitri 1 SyawaL 1434. Itu artinya bulan Ramadhan sudah berakhir dan semoga 
tahun depan bisa bertemu dengan bulan Ramadhan lagi. amin. 

seperti tahun-tahun sebelumnya aku merayakan lebaran di kota kelahiranku, jepara. You know jepara?? yapp, jepara kota ukir, kota kelahiran tokoh emansipasi wanita RA Kartini. lanjut ke cerita lebaranku ^^

Pagi itu, jutaan umat muslim di Indonesia melaksakan sholat id dan alhamdulillah tahun ini aku bisa sholat id di masjid sekitar rumah, setelah selesai shalat id, biasanya mushalla2 di desaku mengadakan selamatan dengan membawa makanan dari rumah dan nanti makanannya ditukar dengan yang lain, makannya juga nanti bareng-bareng, disinilah kebersamaannya. Tapi aku udah ngga pernah ikut lagi, maklum udah gede, hehe. biasanya yang ikut itu bapak2 dan anak2.

Selesai selamatan, aku sungkem sama bapak, ibu, dan saudara-saudaraku. Setelah semua mbak-mbakku dan suaminya datng ke rumah baru aku, bapak, ibu, dan kedua adikku, fatima dan ela caww ke rumah mbak kakung dan mbah putri. Kami biasa jalan kaki ke rumah mbah karena memang rumahnya yang ngga terlalu jauh dari rumah, setelah dari rumah mbah baru kita keliling ke rumah tetangga. Sungkeman yang paling mengesankan tiap lebaran dan mungkin membuat sebagian orang males ke rumahnya adalah sungkem ke rumah mbah ali, why?? asal kalian tahu tiap sungkem ke rumah mbah ali kita bisa berjam2 disana, karena do'anya itu lho panjaaang buanget. mungkin satu orang setengah jam kali ya, bayangin kalau rombongan kita banyak, bisa seharian kita drumah mbah yang satu ini.

selesai cerita tentang mbah ali.
Biasanya setelah dari rumah mbah ali, baru aku keliling ke rumah tetangga deket rumah. jam 11.30 selasai semua sungkeman hari ini. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar