Senin, 23 September 2013

Kata Mereka Tentang Matematika

Ini pertanyaannya :
1.       Menurut kalian matematika itu apa sih?
2.       Apakah kalian suka matematika? Berikan alasan.
Pertanyaan di atas saya tanyakan kepada murid les saya dan teman-teman sekolah adik saya.
Nah ini jawaban.
·         Mtk itu ilmu. Aku suka matematika karena aku suka aja ngitung-ngitung gituuu. Udah dari SD suka sama mtk. (Almira Della, kelas X SMAN di Jakarta)
·         Musuh yang harus dituntaskan. Bukan suka hanya berusaha suka karena merupakan suatu keharusan dimana dipaksa atau tidak harus diperhatikan. (Tika, kelas XI A SMAN di Jepara)
·         Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka. Ya, saya suka karena kalau belajar mtk punya tantangan, jika kita menemukan cara untuk menemukan jalan keluarnya untuk menjawabnya hati terasa puas. ( Mualimah, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Matematika itu ilmu pasti nggak PHP kalau bener ya bener kalau salah ya salah,,, (Eko, kelas XI SMAN di Jepara)
·         Mtk itu ya pelajaran dalam segala bidang, seneng soale kinerja otake luweh tinggi. (Nur Rahayu Adinda, kelas IX SMPN di Demak)
·         Mtk itu serangkaian angka yang berkesinambungan rumus-rumusnya....suka kalau bisa ngerjain cos ada kepuasan tersendiri....(Ruri, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Matematika itu ilmu pasti, jujur saya suka matematika, tapi terkadang saya sedikit “nggonduk” saat nggak paham. (Widodo, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Matematika itu pelajaran yang sebagian besar mengedepankan perhitungan, dimulai dari tambah, kurang, kali, bagi, dsb dan sangat penting untuk penerapan kehidupan sehari-hari. Suka sama matematika coz tinggal menghafal/memahami rumusnya aja. (Eva Ria Safitri, kelas IX SMPN di Demak)
·         Aku seneng mtk soale aku pernah dapet nilai ulangan 90, tp rada sebel soale salah dikit jadi salah ngga ada penawaran. (Fatima, XII SMAN di Jepara)
·         Matematika itu cara perhitungan. Suka sama matematika, pokoknya suka. (Wulan Ramandani, kelas IX SMPN di Demak)
·         Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang menyenangkan. Suka matematika karena matematika itu tidak kebanyakan nulis, hanya mengerjakan soal, ngafalin rumus. (Lailatus Syarifah, kelas IX SMPN di Demak)
·         Matematika itu sesuatu yang menyebalkan, menurutku itu soale aku remidi terus. (Ratna, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Matematika itu salah satu mata pelajaran dalam pendidikan formalku....suka matematika karena ngga banyak nulis, hanya disuruh menghafal rumus, dan menghitung. (Nurul Sri Yuliarti Sutrisno, kelas IX SMPN di Demak)
·         Matematika iku nyebelke, ngga banget, soale bingungi. (Junaidatus Salam, kelas IX SMPN di Demak)
·         Mtk itu bisanya bwt q pusing. Tidak sama sekali suka mtk. Gx nho ng pitakon kubur. (Mega, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Seneng banget soale mtk iku ues seneng awet SD. Ilmu pasti ngga mikir tkan endi-endi. (Evi, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Matematika itu pelajaran tentang ilmu pasti, aku suka matematika kalau aku paham dan bisa ngerjain, tp kadang sebel sama matematika kalau aku ngga paham dan ngga bisa ngerjain soal-soal. (Fatima, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Mtk itu ilmu pasti yang tak kan pernah berubah dari dulu sampe sekarang, suka jika paham susah jika ngga paham. (Arianto, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Matematika itu angka. Suka sih kalau ngga rumit, terus paham, terus menyenangkan. Soalnya suka males kalau aku ngga tau materi  itu buat apa dalam kehidupan. Kalau aku udah tau manfaatnya kayaknya lebih semangat deh. (Wawan kwlas XII SMAN di Jepara)
·         Mapel mtk iku favoritk awet SD sampe aku pengen dadi guru mtk, haha.....Amin. aku suka mtk coz ilmu pasti. Wes ono rumuse sisan, dadi gak perlu menganalisis disik kyk pelajaran bahasa. (Umi Kholifah, kelas XII SMAN di Jepara)
·         Matematika adalah pelajaran. Suka setengah karena sukanya kalau bisa mengerjakan dan susahnya kalau ngga bisa mengerjakan. Makanya suka setengah aja. (Metria Dwi Virahestt, kelas IX SMPN di Demak)
·         Mtk adalah sebuah ilmu perhitungan, sangat amat suka karena aku suka aja. (Evi Kholisoh, kelas IX SMPN di Demak)
·         Matematika adalah permainan angka. Aku setengah suka setengah ngga, suka kalau permainan itu mudah, ngga suka kalau susah. (M Fatkurrahman, kelas IX SMPN di Demak)

Kesimpulan

Dari jawaban survei di atas dapat kita ketahui bahwa masih banyak yang tidak menyukai matematika dan mereka hanya menganggap matematika itu hanya angka, rumus dan  tidak tahu kaitan matematika  dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu sebagai pendidik hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang tepat yang dapat memberikan dan kaitkan dengan kehidupan sehari-hari supaya anak didik tidak bertanya-tanya mengapa kita harus belajar matematika dan  Apa gunanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar