Sabtu, 21 September 2013

SEMINAR WORKSHOP MENULIS NON FIKSI

Mungkin agak telat, aku nulis cerita ini karena udah terjadi beberapa bulan yang lalu, tepatnya tanggal 12 Mei 2013. Sekitar pukul 10an aku dapet sms dari Maya, temen sekelas di PMR’11. Maya sms yang intinya ngajakin buat dateng ke acara Seminar Workshop Menulis Non Fiksi di Gramedia, pembicaranya keluarga Asma Nadia, ada Isa Alamsyah, Putri Salsa, dan tentunya Bunda Asma Nadia. Awalnya aku bingung dateng atau ngga karena pas malem aku baca di twitter kalo dateng harus beli buku Asma Nadia, seminarnya gratis sih...
Ternyata aku salah info, kata Maya ngga usah beli bukunya juga ngga apa-apa. So, jadilah aku dateng ke Seminar itu sama Maya. Ternyata yang dateng banyak banget, sampai pada lesehan karena ngga dapet kursi. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, MC nya namanya mas Agung, beliau sebagai contact person kalau kita pesen buku/tas/barang2 lainnya lewat online. Setelah itu baru penyampaian materi dari Isa Alamsyah, Asma Nadia, dan Putri Salsa. Sebelum memulai materi kita dikasih pertanyaan beberapa pertanyaan dan kita harus jawab. Ini pertanyaannya :
1.       Apa itu fiksi dan apa itu non fiksi?
2.       Apa keunggulan non fiksi?
3.       Apa keunggulan fiksi?
Setelah itu baru deh materi.....
Acara selesai menjelang maghrib, selesai acara aku sama maya ngga langsung pulang, kita beli buku dulu (padahal niat awalnya ngga mau beli buku, hehe ) sekalian minta tandatangan dan foto bareng Asma Nadia, Isa Alamsyah, dan Putri Salsa.














Saya, Isa Alamsyah, Maya

Saya, Putri Salsa, Maya














Saya, Asma Nadia


Ini materi singkat Seminarnya, maaf ya kalo kurang lengkap.
Kunci Non Fiksi Best Seller (eksternal-market dan branding)
1.       Membaca trend (Uje, Aa Gym)
2.       Captive market ( memilih market yang pasti )
3.       Menempel pada nama besar
4.       Memilih market yang besar
5.       Mempunyai market yang khusus
6.       Mengisi kekosongan
7.       Membuat perbadaan
8.       Kerja sama penjualan atau iklan
9.       Cover, judul
10.   Workshop/seminar
Dan ini kunci untuk non fiksi best seller untuk internal-isi dan pengarang
1.       Menulis dari yang dikuasai
2.       Setelah menemukan tema mulailah mencari ide yang menarik
3.       Bandingkan naskah yang direncanakan dengan buku sejenis yang beredar di pasaran
4.       Buat outline. Ide yang dipilih akan menjadi benang merah dalam buku
5.       Sharing pengalaman pribadi
6.       Pastikan menulis naskah yang menggoda pembaca
7.       Memasukkan gaya menulis fiksi agar tidak monoton
8.       Ada dialog, tidak monoton
9.       Pilih sudut pandang yang tepat
10.   Gunakan sub judul untuk menjeda tulisan, agar tidak monoton dan lebih fokus
11.   Selipkan dialog
12.   Memulai tulisan dengan bagian yang menarik
13.   Berikan suspens dan klimaks
14.   Untuk kumpulan kisah, pastikan untuk menuliskannya dengan variatif
15.   Hindari memberikan pesan yang terlalu verbal pada pembaca
16.   Personalisasi naskah
17.   Sentuhan khusus setelah selesai
18.   Pilih judul yang menarik perhatian
19.   Memberi pengalaman membaca
20.   Tersisa setelah membaca (terinspirasi, tercerahkan, sedih, tertawa) buku menggerakkan
Ini peluang ruang non fiksi
1.       Buku-buku how to ( pengalaman sejati)
2.       Kumpulan kisah/pengalaman yang mengandung keajaiban
3.       Buku kewanitaan
4.       Parenting, keterampilan
5.       Buku catatan perjalanan
6.       Buku self inprovement dan motivasi
7.       Kumpulan hikmah, dll
Itu cerita singkat pengalamanku mengikuti seminar..................................................................

Terima kasih bagi yang sudah baca J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar