Rabu, 19 Maret 2014

Faktor-faktor/Komponen-komponen dalam Kegiatan Pendidikan


Faktor-faktor  Pendidikan
1.       1. Anak didik/Peserta didik

  • Sifat dan hakekat             : menggantungkan diri, membutuhkan pertolongan, dan bimbingan baik jasmani maupun rohani.
  • Anak didik merupakan pribadi yang sedang berkembang
  • Aktivitas anak dalam kegiatan pendidikan
Kegiatan pendidikan dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak didik.
Aktivitas dalam kegiatan pendidikan sangat penting berhubungan dengan diperolehnya umpan balik (feed back) dalam kegiatan pendidikan.
  • Motivasi anak dalam kegiatan pendidikan
Motivasi intrinsik              : kesadaran dating dari diri sendiri
Motivasi ekstrinsik          : diberi dorongan atau motivasi

Cara untuk menimbulkan motivasi ekstrinsik/intrinsi

  • Pendidik memperlakukan anak-anak didiknya sebagai manusia yang berpribadi
  • Pendidik menggunakan berbagai metode dalam melaksanakan kegiatan pendidikan
  • Pendidik senantiasa menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak didik
  • Pendidik senantiasa memberikan bimbingan kepada anak didiknya
  • Pendidik menguasai penguasaan yang luas dan mantap terhadap bidang studi/materi yang diajarkan
  • Pendidik mempunyai kecintaan (kasih sayang) yang besar kepada anak didiknya
2.       2. Pendidik

Karakteristik                       
  • kematangan diri yang stabil
  • kematangan sosial yang stabil
  • kematangan profesional
Tanggung jawab               : ia sadar akan tugasnya dan mau melaksanakan tugas itu sebaik-baiknya agar tujuan pendidikan tercapai.
Kewibawaan pendidik :
Kewibawaan yang bersumber pada adanya kelebihan yang di akui itu ada berbagai jenis :
  • Kelebihan karena perbedaan unur dan pengalaman
  • Kelebihan karena adanya taraf pengetahuan tertentu
  • Kelebihan karena adanya pelimpahan sesuatu kepada orang yang dianggap memilikinya
3.       3. Tujuan dalam Pendidikan
  • Tujuan umum    : tujuan sempurna, tujuan akhir, tujuan bulat (sesuai kurikulum)
  • Tujuan-tujuan tidak sempurna : tujuan-tujuan mengenai segi-segi kepribadian manusia tertentu yang hendak dicapai dengan pendidikan (kursus)
  • Tujuan sementara           : TK
  • Tujuan perantara             : tujuan yang merupakan alat untuk mencapai tujuan-tujuan lainnya (belajar bahasa)
  • Tujuan insidentil               : suatu tujuan pendidikan yang akan dicapai dengan menggunakan peristiwa-peristiwa yang bersifat insidentil (melakuakn upacara)
4.      4. Alat Pendidikan

Alat pendidikan adalah suatu perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.
Macam-macam alat pendidikan :
  • Software (perbuatan pendidik) : nasehat, teladan, larangan, pujian, dll.
  • Hardware (benda2 sebagai alat bantu)   : meja, kursi, papan tulis, dll.      
5.       5. Lingkungan Pendidikan

Menurut Ki Hajar Dewantara :
  • Lingkungan masyarakat
  • Lingkungan keluarga
  • Lingkungan sekolah
  • Lingkungan organisasi pemuda
Menurut Tri Pusat Pendidikan :
  • Lingkungan keluarga
  • Lingkungan sekolah
  • Lingkungan organisasi pemuda
                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar