Minggu, 16 Maret 2014

Hakekat Manusia


Fokus Pendidkan >> manusia
Pendidikan bertujuan untuk membantu anak didik mengembangkan potensi kemanusiannya yang merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia.
Manusia harus dididik oleh manusia supaya mempunyai sikap kemanusiaan yang baik/tidak seperti tingkah laku hewan.
Fenemenologis 
  • Manusia sejak dilahirkan merdeka
  • Kelahiran manusia dibatasi dengan kodrat yang ditentukan oleh Tuhan
  • Manusia pada hakekatnya perlu bantuan orang lain
  • Berbeda dengan hewan, perkembangan manusia memerlukan waktu yang panjang
Existensialis
  • Manusia pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menyadari diri . membedakan aku dan non aku
  • Manusia mempunyai kemampuan untuk menerobos ruang dan waktu
  • Manusia mempunyai kemampuan untuk menilai yang baik dan yang buruk
  • Ketajaman kata hati perlu diikuti dengan perbuatan
  • Manusia mempunyai kemampuan untuk bertanggungjawab, baik diri sendiri, pada orang lain, maupun pada Tuhan
  • Pada dasarnya manusia mempunyai hak dan kewajiban
Antropologis
  • Manusia dikatakan bermakna apabila ia dapat menampilkan kemampuannya mewariskan nilai-nilai budayanya pada generasi penerus sekaligus mampu meerekam apa yang pernah diperolehnya dari generasi sebelumnya.
Sosiologi
  • Manusia dilahirkan diibaratkan dalam suatu benda kosong sehingga membutuhkan bantuan dari masyarakat untuk mengisinya dengan norma-norma/nilai-nilai.
Psikologi Humanistik
  • Manusia itu pada dasarnya memiliki dorongan untuk mengarahkan dirinya bertujuan yang positif (Carl Roger)
  • Manusia mempunyai kemampuan untuk mengarahkan, mengatur, dan mengontrol dirinya sendiri apabila diberikan kesempatan untuk berkembang.
Dimensi Pendidikan
  • Sebagai makhluk individu
  • Sebagai makhluk sosial
  • Sebagai makhluk susila
  • Sebagai makhluk beragama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar