Minggu, 16 Maret 2014

Situasi Pendidikan


Situasi pendidikan terbentuk ketika adanya interaksi antara 2 orang lebih yang pada saat itu berkumpul dan timbul sebagai pertanyaan.
Ciri anak didik :
  • ·     pribadi yang selalu ingin berkembang, memerlukan arahan, bantuan, dan contoh dari orang lain.
  • ·     Pribadi yang unik.
Fungsi Pendidik
·         Komunikator      : mampu mengkomunikasika ilmu/pengetahuan dan keterampilan dengan baik
·         Fasilitator           : dapat menciptakan situasi yang kondusif sehingga siswa dapat belajar secara optimal.
·         Motivator           : mampu memberi dorongan belajar kepada siswa.
·         Konselor            : dapat menjadi pembimbing/pengasuh/pengarah/membantu masalah dengan ikhlas
·         Administrator    : mempunyai catatan hasil kemajuan siswa dari awal sampai akhir.

Fungsi Pendidik menurut Ki Hajar Dewantara
Ing ngarso sung tuladha (menjadi contoh atau teladan)
Ing madya mangun karsa (menjadi penggerak apabila ditengah-tengah siswa)
Tut wuri handayani (mengikuti sambil mengawasi dari belakang)

Seorang pendidik harus mempunyai KEWIBAWAAN
Yaitu faktor diri yang dapat menimbulkan rasa segan dan percaya sehingga siswa patuh mengikuti anjuran guru karena adanya rasa homat dan perasaan senang.

Macam-macam pendidik :
1.       Pendidik kodrat/non kodrat        :  orang tua
2.       Pendidik jabatan/formal              : guru, pelatih, dll
Pendidikan : usaha sadar yang dilakukan oleh manusia dewasa yang bertanggungjawab membantu anak menjadi dewasa.
Ciri-ciri dewasa :
  • Dapat mandiri
  • Berguna bagi orang lain
  • Bertanggung jawab
  • Dapat menghargai aturan atau norma
Manusia perlu dididik :
  • Karena manusia perlu merealisasikan hakikat yang melekat pada dirinya
  • Manusia ingin menyesuaikan dengan situasi dan kondisi
  • Manusia ingin dapat menyelesaikan masalahnya
  • Manusia mempunyai keinginan untuk tahu tentang sesuatu yang baru
  • Hasil pendidikan adalah perubahan sikap dan tingkah laku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar