Sabtu, 01 April 2017

Faktot-faktor/Komponen-komponen dalam Kegiatan Pendidikan


Faktor-faktor  Pendidikan

  1. Anak didik/Peserta didik
  • Sifat dan hakekat             : menggantungkan diri, membutuhkan pertolongan, dan bimbingan baik jasmani maupun rohani.
  • Anak didik merupakan pribadi yang sedang berkembang
  • Aktivitas anak dalam kegiatan pendidikan
Kegiatan pendidikan dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar kepada anak didik.
Aktivitas dalam kegiatan pendidikan sangat penting berhubungan dengan diperolehnya umpan balik (feed back) dalam kegiatan pendidikan.
  • Motivasi anak dalam kegiatan pendidikan
Motivasi intrinsik              : kesadaran dating dari diri sendiri
Motivasi ekstrinsik          : diberi dorongan atau motivasi

Cara untuk menimbulkan motivasi ekstrinsik/intrinsik

Pendidik memperlakukan anak-anak didiknya sebagai manusia yang berpribadi
Pendidik menggunakan berbagai metode dalam melaksanakan kegiatan pendidikan
Pendidik senantiasa menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat pemahaman anak didik
Pendidik senantiasa memberikan bimbingan kepada anak didiknya
Pendidik menguasai penguasaan yang luas dan mantap terhadap bidang studi/materi yang diajarkan
Pendidik mempunyai kecintaan (kasih sayang) yang besar kepada anak didiknya
2.       Pendidik
Karakteristik                       :
kematangan diri yang stabil
kematangan sosial yang stabil
kematangan profesional
Tanggung jawab               : ia sadar akan tugasnya dan mau melaksanakan tugas itu sebaik-baiknya agar tujuan pendidikan tercapai.
Kewibawaan pendidik :
Kewibawaan yang bersumber pada adanya kelebihan yang di akui itu ada berbagai jenis :
Kelebihan karena perbedaan unur dan pengalaman
Kelebihan karena adanya taraf pengetahuan tertentu
Kelebihan karena adanya pelimpahan sesuatu kepada orang yang dianggap memilikinya
3.       Tujuan dalam Pendidikan
Tujuan umum    : tujuan sempurna, tujuan akhir, tujuan bulat (sesuai kurikulum)
Tujuan-tujuan tidak sempurna : tujuan-tujuan mengenai segi-segi kepribadian manusia tertentu yang hendak dicapai dengan pendidikan (kursus)
Tujuan sementara           : TK
Tujuan perantara             : tujuan yang merupakan alat untuk mencapai tujuan-tujuan lainnya (belajar bahasa)
Tujuan insidentil               : suatu tujuan pendidikan yang akan dicapai dengan menggunakan peristiwa-peristiwa yang bersifat insidentil (melakuakn upacara)
4.       Alat Pendidikan
Alat pendidikan adalah suatu perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.
Macam-macam alat pendidikan :
Software (perbuatan pendidik) : nasehat, teladan, larangan, pujian, dll.
Hardware (benda2 sebagai alat bantu)   : meja, kursi, papan tulis, dll.      
5.       Lingkungan Pendidikan
Menurut Ki Hajar Dewantara :
Lingkungan masyarakat
Lingkungan keluarga
Lingkungan sekolah
Lingkungan organisasi pemuda
Menurut Tri Pusat Pendidikan :
Lingkungan keluarga
Lingkungan sekolah
Lingkungan organisasi pemuda

                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar