Fokus Pendidkan >> manusia
Pendidikan bertujuan untuk membantu anak didik mengembangkan
potensi kemanusiannya yang merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia.
Manusia harus dididik oleh manusia supaya mempunyai sikap
kemanusiaan yang baik/tidak seperti tingkah laku hewan.
Fenemenologis
- Manusia sejak dilahirkan merdeka
- Kelahiran manusia dibatasi dengan kodrat yang ditentukan oleh Tuhan
- Manusia pada hakekatnya perlu bantuan orang lain
- Berbeda dengan hewan, perkembangan manusia memerlukan waktu yang panjang
Existensialis
- Manusia pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk menyadari diri . membedakan aku dan non aku
- Manusia mempunyai kemampuan untuk menerobos ruang dan waktu
- Manusia mempunyai kemampuan untuk menilai yang baik dan yang buruk
- Ketajaman kata hati perlu diikuti dengan perbuatan
- Manusia mempunyai kemampuan untuk bertanggungjawab, baik diri sendiri, pada orang lain, maupun pada Tuhan
- Pada dasarnya manusia mempunyai hak dan kewajiban
Antropologis
- Manusia dikatakan bermakna apabila ia dapat menampilkan kemampuannya mewariskan nilai-nilai budayanya pada generasi penerus sekaligus mampu meerekam apa yang pernah diperolehnya dari generasi sebelumnya.
Sosiologi
- Manusia dilahirkan diibaratkan dalam suatu benda kosong sehingga membutuhkan bantuan dari masyarakat untuk mengisinya dengan norma-norma/nilai-nilai.
Psikologi Humanistik
- Manusia itu pada dasarnya memiliki dorongan untuk mengarahkan dirinya bertujuan yang positif (Carl Roger)
- Manusia mempunyai kemampuan untuk mengarahkan, mengatur, dan mengontrol dirinya sendiri apabila diberikan kesempatan untuk berkembang.
Dimensi Pendidikan
- Sebagai makhluk individu
- Sebagai makhluk sosial
- Sebagai makhluk susila
- Sebagai makhluk beragama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar