Minggu, 15 Februari 2015

Modus Penipuan_Pura-Pura Kecopetan

Membedakan orang yang benar-benar baik sama yang pura-pura baik itu susah-susah gampang apalagi di kota besar seperti Jakarta ini. Tapi, orang yang benar-benar baik masih banyak kok.
Sekarang ini banyak orang yang tidak kita kenal pura-pura minta tolong dengan alasan tertentu tapi ternyata itu adalah alasan dia untuk nipu kita. Itu juga yang baru saja aku alami.

Jum’at, 13 Februari 2015
Sekitar jam 12.30 pas aku mau naik TJ di fly over Raden inten tiba-tiba ada Bapak2 yang manggil.

B          : “Mbak, mau naik busway ya?”
A         : “Iya, kenapa Pak?”
B          : “ Saya boleh bareng ngga mbak? Saya tadi habis kecopetan di 47(metromini),                  tas saya disilet. Didompet saya uang 750 rb. “

Sempet mikir dulu karena isi kartuku tinggal Rp5000,00, mau top up uang didompet tinggal 30 rb (belum tau kalo top up minimal 20 rb, aku pikir min 50 rb). Yaudah akhirnya aku ajak Bapak itu bareng aja, kasian juga  karena mukanya bingung gitu. Selesai top up, pas lagi jalan ke tempat nunggu TJnya bapak itu minta no hpku.

B          : “mbak, no hpnya berapa? Nanti saya ganti”
A         : (sambil jalan) “buat apa pak no hpnya? Ngga usah diganti Pak.”

Bapak itu nanyain lagi no hpku, yaudah akhirnya aku kasih mungkin mau silaturahim atau mau ngucapin terima kasih lewat sms. Nah pas udah aku kasih Bapak itu misscall (mungkin biar no nya aku save kali ya, haha). Bapak itu juga cerita kalo dia baru selesai rapat di suatu daerah (lupa nama tempatnya), dia kerja di Telkom*** bagian supervisor dan bapak itu mau pulang ke Cengkareng. Oiya copetnya itu ada 5 orang, katanya.
Bapak itu masih ngikutin aku terus  sampe tempat duduk halte sambil cerita-cerita kejadian tadi.

B          : “Tadi tas saya disilet mbak, dompet saya diambil” (sambil nunjukin tasnya)
A         :”Kok lubangnya kecil Pak?” (sambil ngeliat bekas siletannya)
B          : “Iya, tadi dompetnya di saku.”
A         :”Ohhh” *agak curiga, trus apa hubungannya tas yang disilet sama uang yang di                    saku?
B          : “Boleh minjem uangnya ngga? Nanti saya ganti. Nanti setelah naik busway saya                naik angkot lagi.
A         :”ongkosnya berapa Pak?”
B          : 50 rb.
A         : (dlm hati mahal amat). “wahh, ngga ada Pak. Emang berapa kali naik angkot Pak?”
B          : “Kalau 30 rb ada ngga?”
A         : “Ngga ada Pak, Uang saya tinggal 10 rb (sambil nyari-nyari uang lagi mungkin                   ada yang keselip. Emang bapak naik angkot berapa kali?”

Bapak  itu masih ngga jawab berapa kali dia naik angkot dan Tj pun datang………….

B          : “Yaudah mbak 10 rb ngga apa2”

Akupun langsung ngasih uang 10 rb itu ke bapaknya, uang sisa satu-satunya di dompetku. Akhirnya aku dan bapak itu pun naik Tj, bapaknya lewat pintu belakang, aku lewat pintu depan. Selama perjalanan aku merasa bersalah banget karena ngga bisa bantu bapak itu semaksimal mungkin……

Jam setengah 2an aku sampe rumah, sesampainya di rumah aku sms bapak itu inti sms itu aku minta maaf karena cuma bisa bantu segitu aja karena uang yang aku bawa emang tinggal segitu. Ternyata pas aku send ngga terkirim, aku coba lagi masih belum terkirim lagi, mungkin hpnya lowbat, pikirku.

Malemnya aku coba sms lagi dan ternyata masih belum terkirim juga, aku udah mulai curiga….. masa lowbat lama banget.

Hari sabtu pagi aku coba searching digoogle dengan keyword penipuan dengan modus kecopetan dan hasilnyaaaa………………. AKU TERTIPU..HUHU. alhamdulillahnya aku cuma bawa uang sedikit jadi ketipunya juga sedikit (ongkos TJ 3500 + 10.000, jadi Cuma 13.500)

Ternyata sudah banyak korbannya, modusnya juga hampir sama baca disini. Pelaku dari penipuan ini kebanyakan orang yang sudah tua, sebelumnya aku juga pernah ketemu ibu2 di depan BNI UNJ, dia minta bantuan uang untuk biaya nebus obat suaminya di RS Cipto, uang yang dia bawa kurang. Karena uang yang dia minta ke aku banyak sekitar 130 rb kalo ngga salah dan kebetulan aku juga ngga bawa uang segitu, jadi ngga aku kasih, mintanya juga agak sedikit maksa. Temen aku katanya juga pernah ketemu ibu2 itu di depan Gedung G UNJ, alasannya juga sama minta bantuan untuk nebus obat suaminya.

Buat temen-temen yang belum pernah ngalamin kejadian kayak gini hati-hati ya…., jangan mudah percaya sama orang yang baru dikenal karena kejahatan ada dimana-mana.


~Ganbatte~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar