Jumat, 21 Juni 2013

RPP Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

By : Chalimatus Sakdiyah, Nadiah Dirayati Atikah, Siska Setyaningsih, Yuni Hapsari
                   Universitas Negeri Jakarta


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI                 : Matematika
POKOK BAHASAN           : Aljabar
SUB POKOK BAHASAN  : Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai
KELAS/SEMESTER           : VII/2
WAKTU                              : 45 menit

A.      Standar Kompetensi
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

B.      Kompetensi Dasar
Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

C.      Indikator
·         Memahami konsep perbandingan senilai.
·         Memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
·         Membedakan peristiwa yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.
·         Mengkomunikasikan sebuah peristiwa dengan menggunakan grafik dan menentukan jenis perbandingannya.
·         Mengaplikasikan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai pada penyelesaian masalah sehari-hari.

D.      Tujuan Pembelajaran
·         Setelah melakukan diskusi kecil bersama kelompok dan guru, siswa dapat memahami konsep perbandingan senilai dengan tepat
·         Setelah melakukan diskusi kecil bersama kelompok dan guru, siswa dapat memahami konsep perbandingan bebalik nilai dengan tepat.
·         Setelah diberikan contoh kejadian sehari-hari siswa mampu membedakan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai dengan tepat.
·         Jika diberikan suatu kejadian siswa dapat menduga gambar grafik yang bersesuaian dengan kejadian tersebut dengan tepat.


E.       Metode
Diskusi Kelompok Kecil

F.       Alat dan Bahan
·         LAS (Lembar Aktifitas Siswa)
·         Perangkat Komputer
·         LCD

G.     Kegiatan Pembelajaran
1.       Pembukaan
·         Memberi salam
·         Mengabsen kehadiran siswa
·         Mempersiapkan pembelajaran dengan mengelompokkan siswa untuk belajar.

2.       Kegiatan Inti
1.        Apersepsi
·         Memperlihatkan tayangan gambar mengenai perbandingan yang berhubungan dengan kejadian sehari-hari
·         Memberi pertanyaan : Dapatkah kejadian tersebut diungkapkan dalam bentuk grafik?
·         Memberi pertanyaan :  Adakah kejadian lain yang berkaitan dengan perbandingan?

2.        Eksplorasi
·         Siswa yang sudah duduk dalam kelompok-kelompok diberikan seperangkat LAS untuk diselesaikan secara kelompok.
·         Kelompok menyelesaikan tugas berdasarkan LAS
·         Kelompok diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya
·         Hasil akhir penyelesaian LAS adalah siswa dapat memahami perbedaan perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai serta dapat menentukan gambar grafik yang bersesuaian untuk perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai

3.        Elaborasi
·         Siswa secara berkelompok menyelesaikan beberapa soal latihan.
1.       Buatlah grafik sesuai dengan data berikut
a.       Perbandingan jumlah bensin dan jarak tempuh

Banyak bensin (liter)
0
1
2
3
4
5
8
10
Jarak tempuh (km)
0
10
20
30
40
50
80
100

 













b.      Perbandingan kecepatan mobil dan waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tertentu
Waktu (jam)
6
5
4
3
2
1,5
1
0,75
Kecepatan (km/jam)
20
24
30
40
60
80
120
160
                               
 









4.        Konfirmasi
·         Siswa menempelkan hasil diskusinya di depan kelas dan beberapa kelompok diminta mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.

5.        Eksplorasi
·         Siswa yang sudah duduk dalam kelompok-kelompok diberikan seperangkat LAS untuk diselesaikan secara kelompok.
·         Kelompok menyelesaikan tugas berdasarkan LAS
·         Kelompok diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya
·         Hasil akhir penyelesaian LAS adalah siswa dapat menemukan bentuk umum penyelesaian perbandingan senilai dalam bentuk  dan perbandingan berbalik nilai

6.        Elaborasi
·         Siswa secara berkelompok menyelesaikan beberapa soal latihan.
1)      Vian mampu mengetik pada komputer dengan kecepatan rata-rata 35 kata dalam 1 menit. Dia mulai mengetik pada pukul 08.15 dan selesai pada pukul 11.35. Setiap satu halaman kertas hanya dapat memuat 250 kata. Hitunglah jumlah halaman ketikan yang dihasilkan Vian ?
2)      Seorang pemborong memperkirakan dapat menyelesaikan suatu bangunan selama 45 hari dengan banyak pekerja 20 orang. Setelah 15 hari, pekerjaan terhenti selama 6 hari karena bahan bangunan habis. Tentukan banyaknya pekerja yang harus ditambah agar pekerjaan selesai tepat waktu!

1)      Ari melakukan perjalanan dari kota A ke kota B yang berjarak 180 km. Ia berangkat pukul 07.00 dengan mengendarai mobil yang kecepatan rata-ratanya 60 km/jam. Setelah 2 jam perjalanan, ia istirahat selama 10 menit. Agar Ari tiba di kota B tepat pukul 10.00, berapa kecepatan rata-rata mobil Ari untuk menempuh jarak yang tersisa?

7.        Konfirmasi
·         Siswa menempelkan hasil karyanya di depan kelas dan beberapa kelompok diminta mempresentasikan hasil karyanya di depan kelas.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini.

8.        Penutup
·         Melakukan refleksi pembelajaran hari ini
·         Memberi PR
·         Menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar